Mengenal Apa itu Toko Online? Contoh serta Cara Membangunnya

by Kingkin Nura, Writer

Erista Article Image

Membangun toko online - Di era digital ini, sekarang semua serba dipermudah. Apapun dapat diakses menggunakan internet. Dimulai dari belanja, pesan makanan online, maupun transportasi berbasis online.

Akibat perkembangan internet pada saat ini, maka terbangun sebuah sistem perdagangan dunia maya atau familiarnya kita sebut sistem perdagangan e-commerce atau bisnis toko online. Ini adalah sebuah perniagaan elektronik, dimana semua bentuk transaksi perdagangan barang ataupun jasa yang menggunakan media perantara internet.

Kemudian, bagaimana pasar belanja online menurut sudut pandang global? Menurut Global Business Knowledge dalam beritanya pada tahun 2020, bahwa sistem belanja online diperkirakan terus mengalami peningkatan dari tahun 2018 hingga 2023 dengan penjualan di seluruh dunia.

Perkiraan tersebut dapat kita observasi dan analisis sendiri bahwa hal itu memang benar terjadi dan dapat kita rasakan pada tahun ini. Kemudian bagaimana tentang toko online dan e-commerce yang menjadi perbincangan dunia? Akankah Anda penasaran tentang apa itu toko online dan apa bedanya dengan e-commerce? Apa saja contoh toko online? Serta bagaimana membuat toko online? Kita akan ulas sebagai berikut.

Apa itu Toko Online

Toko online merupakan sebuah bisnis atau toko yang memiliki situs web atau sebuah bisnis yang dijalankan melalui platform e-commerce. Tempat dimana pembeli dapat melihat layanan atau katalog produk dan membelinya secara elektronik.

Representasi tipikal dari toko online adalah bisnis ritel seperti toko sayur maupun minimarket yang juga menampilkan dan menjual produknya di situs web. Biasanya pelanggan dapat menelusuri barang dagangan dan melihat opsi, seperti ukuran dan warna, baik di lokasi fisik maupun online pada bisnis tersebut. Namun juga, beberapa toko online beroperasi tanpa toko fisik.

Untuk persentase toko online sendiri, saat ini terus mengalami peningkatan. Dimana pada tahun 2021, hampir 20% penjualan ritel global terjadi secara online.

Yang perlu kita pahami juga bahwa e-commerce memiliki makna sedikit berbeda dengan toko online. e-commerce adalah media dimana sebuah bisnis atau toko melakukan penjualan menggunakan elektronik atau internet yang kemudian disebut online atau toko online.

Untuk elemen membangun toko online, melingkupi beberapa hal diantaranya menyusun rencana bisnis, menemukan platform e-commerce (jika Anda bukan ahli teknologi dalam pembuatan website atau sejenisnya), dan membuat strategi pemasaran.

Contoh Toko Online

Berikut beberapa contoh toko online

  1. Toko Lokal Toko lokal adalah toko yang ada disekitar kita, toko yang bukan waralaba, berdiri sendiri tanpa adanya kerjasama pihak kedua. Ini toko memiliki tempat dan seni yang berbeda-beda. Seperti toko penjual martabak atau ayam bakar, mereka mendesain tokonya dengan unik seperti halnya restoran dan lainnya. Toko lokal mampu menjadi populer di lingkungan sekitarnya dan dapat meningkatkan kesuksesan dengan memiliki situs web. Pembuatan situs web dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misal jika ia memiliki restoran yang besar dan situs web yang cocok adalah menyediakan situs web berbasis order. Dengan artian bahwa ketika ada customer membeli, mereka tidak perlu datang di tempat atau pencatatan pesanannya, cukup melalui situs order/pesanan, dan semua dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis.

  2. Pabrikan Sistem dimana produsen dapat menawarkan barangnya ke pengecer (B2B) atau menjual langsung ke konsumen (B2C). Dengan ini pembeli dapat mengunjungi lokasi fisik ataupun belanja di toko online produsen. Contoh misal ia memiliki kebun anggur yang besar, memiliki ruang pencicipan, restoran serta tempat tersebut dapat berfungsi sebagai tempat pernikahan dan acara khusus. Dengan bisnis yang memadai seperti ini, situs web mampu dijadikan solusi untuk meningkatkan bisnis Anda dengan membuat toko online dan menawarkan berbagai anggur dari kebun anggurnya.

  3. Pengecer besar Pengecer utama adalah rantai besar departement store dengan toko-toko yang berniat dan memiliki banyak cabang di berbagai lokasi. Seperti hotel dengan banyak cabang mereka dapat membuat situs web untuk hotelnya. Sehingga customer dapat memesan melalui situs web dan dapat melihat tipe kamar yang berbagai tipe, beserta fasilitas dan pemandangannya.

  4. Individu Dimana seseorang dapat menjadi pemilik tunggal bisnis, seperti pemilik pembuat kerajinan atau pemilik truk makanan. Model bisnis ini adalah konsumen ke konsumen (C2C). Contoh individu fotografer Ann Hudec, seorang yang berspesialisasi dalam fotografi perjalanan dan menjual karya seninya melalui toko online-nya di etsy.com.

Apakah Perbedaan Antara Toko Online dan e-commerce

Banyak yang berpandangan bahwa toko online dengan e-commerce itu adalah hal yang serupa. Bahwasannya mereka berbeda, namun keduanya saling melengkapi.

e-commerce itu electronic commerce (perdagangan elektronik) atau biasa disingkat e-commerce yang merupakan sebuah model bisnis atau perdagangan yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan internet.

Dalam e-commerce, aktivitas penjualan, pemasaran, serta pembelian dilakukan semua menggunakan internet. Hampir semua barang dapat diperdagangkan lewat e-commerce, seperti tiket transportasi, desain, gadget, dan lain sebagainya.

Pada umumnya e-commerce membutuhkan beberapa sarana seperti aplikasi, website, serta payment gateway (metode atau alat pembayaran), untuk menyelenggarakan transaksi barang dan jasa secara online.

Sedangkan toko online, ia memiliki katalog digital yang dapat dilihat oleh pembeli. Serta biasanya ada keranjang belanja atau daftar pesanan, dan juga ada proses checkout yang mencangkup metode pembayaran elektronik seperti kartu kredit atau lainnya. Sementara metode pembayaran adalah bagian penting dari e-commerce.

Untuk dapat lebih mudah dipahami, contohnya, kita kembali ke pembahasan Ann Hudec, seorang fotografer yang menggunakan Etsy untuk toko online-Nya. Disisi lain, Etsy bukanlah toko online melainkan platform bagi penjual dan pembeli untuk berkumpul. Dalam hal ini, Etsy adalah perusahaan e-commerce dan dapat komisi atas penjualan Ann.

Cara Bangun Toko Online

  1. Pikirkan Sebuah Ide Seperti apa yang ingin Anda jual? Apakah bakat Anda untuk membuat item atau mendirikan bisnis tertentu? Produknya bisa berwujud seperti apa, sepatu atau pakaian, atau stok foto atau e-book, teknologi, atau lainnya.

  2. Bangun Sebuah Rencana Apa target audiens? Berapa anggaran Anda? Seberapa jangkauan geografi, lokasi, dan minat? Intinya jelaskan tujuan bisnis, sasaran, dan operasinya.

  3. Bahan dan Utilitas Jika Anda ingin membuat produk fisik, Anda harus membeli persediaan, mencari lokasi untuk bekerja yang memungkinkan jika ingin memperkerjakan karyawan. Serta juga diperhitungkan harga utilitas seperti layanan internet dan listrik.

  4. Pilih Platform e-commerce yang Ramah Pengguna Apakah Anda akan menyiapkan toko Anda di pasar online all-in-one, seperti Alibaba atau Amazon? Atau apakah Anda ingin membuat domain atau situs web khusus untuk bisnis Anda?

  5. Metode Pembayaran Elektronik Pastikan hosting web sesuai kebutuhan, serta situs tersebut aman dengan sertifikat SSL.Kemudian, atur metode pembayaran elektronik. Sistem manajemen konten seperti WordPress memfasilitasi proses dengan menyediakan plugin yang dapat Anda install.

  6. Strategi Pemasaran Tahap dimana Anda akan mempromosikan produk Anda? Beberapa saluran pemasaran terbaik misal seperti, media sosial, optimasi mesin pencarian (SEO), ataupun Email pemasaran.

  7. Manajemen Harian Hal terpenting adalah kesuksesan toko online bergantung pada kepuasan pelanggan. Penting untuk memiliki inventaris untuk memenuhi permintaan pembeli dan berorientasi detail. Serta pastikan bisnis Anda menangani pengiriman dan masalah pelanggan dengan tepat dan akurat.

Bagaimana Membangun Toko Online Anda Sukses ?

Dalam membangun bisnis apapun itu. Terutama toko online, kita tidak bisa berdiri sendiri, butuh beberapa orang ahli dalam bidang teknologi untuk mewujudkan dan mengembangkan tujuan itu.

Kecuali kita seorang ahli, maka dapat menjalankan hal tersebut dengan sendiri. Jadi, bagaimana jika kita bukan seorang ahli teknologi, namun berkeinginan memiliki situs web untuk toko online kita?

Itu alasan kenapa Erista hadir, yaitu untuk membantu Anda mewujudkan mimpi Anda. Anda tidak perlu belajar hingga bulanan untuk mengerti dan mendapatkan website untuk toko online Anda.

Mudah, cukup jalin kerjasama dengan Erista. Karena kami menyediakan layanan jasa pembuatan website, aplikasi, serta maintenance. Apapun mimpimu yang berkaitan dengan layanan jasa pembuatan website toko online. Dapat Anda konsultasikan dengan kami.

Kami siap membantu serta memberi yang terbaik untuk Anda dan bisnis Anda. Jadi jangan ragu, dan jika ingin mengetahui tentang kami lebih lanjut klik disini!

Apa itu Website, Jenis-Jenis Website, dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

5 menit

Apa itu website, jenis-jenis website, serta bagaimana cara penggunaannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca artikel

Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Terbaik 2023 di Surabaya

layanan penyedia jasa pembuatan website terbaik yang dapat membantu bisnis Anda diakui pelanggan dan tumbuh lebih baik, sebagai berikut.

Baca artikel

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami sekarang juga.

Our office

  • Surabaya
    SoHo Skyloft Ciputra World #1208
    Jl. Mayjend Sungkono 89
    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60224