Apa itu Website, Jenis-Jenis Website, dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

by Kingkin Nura, Writer

Erista Article Image

Apakah Anda ingin tahu apa itu website dan bagaimana cara kerjanya?

Jika Anda penasaran dengan trend bisnis online saat ini, itu berarti mungkin Anda pernah mendengar tentang website. Atau Anda pernah bertanya kepada orang di sekitar Anda tentang membangun kehadiran online yang keren, dan mereka menyarankan Anda membuat situs web.

Apa itu situs web (website)? Definisi

Seperti namanya, situs web mengacu pada “situs” di “web” tempat dimana Anda dapat mencari informasi tentang diri Anda, bisnis Anda, atau topik lainnya dan pengguna dapat mengakses-nya dengan menggunakan internet.

Untuk dapat memahami lebih mudah, analogi-nya web itu ibaratkan sebuah rumah dan website adalah seluruh isi rumah yang di dalamnya terdiri dari kumpulan halaman, teks, gambar, video dan lainnya.

Seperti halnya alamat rumah Anda, website Anda juga akan memiliki alamat unik yang disebut “alamat web”. Dengan alamat web, pengguna internet dapat dengan mudah menemukan situs web Anda dan mengakses informasi di dalamnya.

Misal, laman yang Anda lihat sekarang adalah laman web. Ini adalah salah satu dari beberapa halaman di website kami “Erista.id” yang dapat Anda akses dengan memasukkan “https://erista.id/” di web browser. Sebagai pengguna, Anda hanya memerlukan ponsel cerdas, komputer, atau perangkat lunak lainnya yang memiliki browser web, dan koneksi internet untuk mengakses situs web.

Untuk dapat mengakses sebuah website, yang perlu dilakukan adalah memasukkan alamat web di bilah alamat browser web perangkat Anda. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman depan yang disebut halaman beranda situs tersebut.

Disini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang kegunaan situs web dan jenis-jenis website, sebagai berikut:

Untuk Apa Situs Web Digunakan? + Jenis Website

Setiap website di internet dibangun dengan maksud dan tujuan yang berbeda-beda. Seperti halnya organisasi dan bisnis melalui situs mereka, dibangun untuk tujuan memberikan informasi dan layanan kepada anggota dan pelanggan mereka.

Selain itu website juga sudah menjadi media hiburan seperti untuk bermain game online, mendengarkan musik, menonton film, dan lain sebagainya. Demikian pula, situs web Erista.tech memungkinkan kami untuk menjual jasa pembuatan website dan membangun kolaborasi. Contoh lainnya seperti, https://www.amazon.com/ sebagai salah satu perusahaan e-commerce teratas yang menjalankan bisnis miliar dolar melalui situs web-nya.

Jenis-jenis Situs Web (Website)

  • Situs Web Blog- Memberikan informasi tentang berbagai topik baik dalam bidang kesehatan, teknologi, lingkungan dan lain sebagainya. Sebagaimana https://erista.io/id sebuah website untuk manajemen gereja.

  • Portal Berita - Memberikan informasi kepada pembaca tentang berita-berita terbaru tentang skenario dunia. Seperti berita politik, budaya, masa depan, lingkungan dan sebagainya.

  • Situs Web Hiburan - Memungkinkan menonton film video, film, bermain game, mendengar lagu dan sebagainya. Sebagaimana halnya YouTube, video gratis dan berbagai jenis video acara komedi, musik, film dan sebagainya.

  • Situs Media Sosial - Membiarkan pengguna terlibat dan berinteraksi dengan pengguna lain. Ini seperti halnya Facebook, situs jaringan sosial tempat orang dapat terhubung, berkomunikasi dan berbagi ide satu sama lain.

  • Situs Keanggotaan - Menawarkan konten premium kepada anggota terdaftar atau berbayar. Seperti halnya Netflix, situs streaming video dan film yang hanya dapat diakses oleh anggota yang berbayar.

  • Situs Mesin Pencari - Membantu pengguna mencari hal-hal di web dan mendapatkan hasil yang bermanfaat. Seperti Google, situs mesin pencari paling populer.

  • Situs Web Pemerintah - Menyediakan berbagai jenis informasi dan layanan resmi pemerintah yang memuat informasi tentang berbagai program pemerintah seperti kesehatan, pendidikan, paspor, dan lain sebagainya.

  • Situs Web Pendidikan - Situs web sekolah, universitas, atau organisasi akademik independen yang memberikan informasi tentang berbagai kursus yang tersedia atau menawarkan materi pembelajaran online.

Bagaimana Cara Kerja Situs Web (Website)?

Secara sederhana, situs web dibangun dengan beberapa perangkat lunak atau kumpulan kode dan mereka bekerja satu sama lain hingga terciptanya sebuah website.

Berikut dasar dari website. Pertama-tama, kita perlu membahas secara singkat tentang internet dan web yang menyediakan landasan bagi situs web. Biasanya, orang menggunakan istilah ini secara bergantian tetapi sebenarnya mereka berbeda.

Internet adalah teknologi atau infrastruktur yang menghubungkan komputer diseluruh dunia dan memungkinkan berbagi informasi.

World Wide Web (web) merupakan sistem yang memungkinkan berbagi informasi menggunakan internet.

Dengan kata lain, web berarti suatu kumpulan besar dokumen digital, seperti halaman web, dan sebagainya. Anda dapat mengakses berbagai informasi seperti email, pesan instan, file, gambar menggunakan browser web seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya.

Jadi singkatnya, internet dan web adalah teknologi dasar yang menjadi dasar situs web atau website terbentuk.

Kemudian apa lagi yang perlu kita pahami tentang suatu hal lain yang berkaitan dengan website? Diantaranya sebagai berikut.

Perangkat Lunak website, Domain, dan Hosting

Apa website, domain, dan hosting?

Mudahnya ibaratkan sebuah rumah dimana hosting adalah pondasi/tanah, dimana rumah dapat berdiri dan ditopang, web adalah rumah, website seluruh isi rumah, dan domain adalah alamat rumah.

Sebuah rumah tidak dapat berdiri ketika tidak ada pondasi. Begitupun website tidak dapat berdiri ketika hosting tidak ada, karena hosting merupakan tempat untuk menampung kapasitas web/isi website itu sendiri.

Rumah juga tidak akan eksis ketika tidak memiliki alamat. Begitupun website, tidak akan ada dan eksis jika tidak ada alamat atau nama website itu sendiri.

Setelah kita paham akan hal itu, simak berikut bagaimana mereka bekerja:

Pertama yang perlu kita tahu bahwa sebuah Website terbuat dari sekumpulan kode dan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang paling umum diantaranya seperti CSS (Cascading Style Sheets), HTML (Hypertext Markup Language), PHP (Hypertext Preprocessor), dan sebagainya.

Namun, website yang terkenal atau yang banyak digunakan saat ini adalah perangkat lunak CMS seperti Wordpress, Joomla, Drupal, Typo3, Serendipity, Dotclear, Impresspages and Chamilo.

Selanjutnya yang perlu kita tahu adalah Nama Domain dan Web Hosting. Dua hal ini adalah hal terpenting yang Anda butuhkan dalam pembuatan website. Sebuah website dapat bekerja ketika kedua hal ini bekerjasama.

Bagaimana hal itu terjadi?

Penjelasan sederhananya, Nama Domain adalah nama website Anda. Untuk mendapatkan nama domain, Anda perlu mendaftarkan perusahaan Anda ke penjual domain atau kata lain kamu dapat membeli domain untuk mendapatkan alamat web yang unik.

Pada setiap website di internet memiliki alamat web yang menentukan posisi website tersebut. Jadi halnya seperti Anda memasukkan alamat website dan memasukkan alamat website tersebut di browser Anda, kemudian browser menavigasi melalui web dan web membantu menemukan lokasi halaman yang diminta, dan menampilkan informasi yang Anda butuhkan.

Kemudian di sinilah Web Hosting masuk. Lokasi penyimpanan tempat file dan konten situs web Anda disimpan yang disebut web hosting.

Hosting ini merupakan web host dan server. Tepatnya, mereka adalah bagian khusus dalam komputer yang letaknya di lokasi terpencil. Mereka terdiri dari memori besar dan prosesor yang sangat kuat untuk memberikan sumber daya dan konektivitas ke situs web untuk dilihat di internet.

Bagaimana Situs Web Memproses Informasi dan Melayani Pengguna?

Prosesnya adalah ada di belakang layar, saat Anda mengetikkan alamat web di browser web, ia akan mulai mencari situs web tertentu di server tempatnya berada atau web yang Anda tuju.

Dan kemudian, browser mengambil file situs web dan kode HTML dari server dan memformat-nya menjadi halaman web yang menarik, dan menampilkan di jendela browser.

Setelah itu situs web akan memunculkan halaman web-nya. Apa halaman web itu? Dan apa bedanya situs web dan halaman web? Berikut penjelasan-nya.

Situs Web dan Halaman Web - Apa Bedanya?

Bedanya adalah seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa situs web merupakan kumpulan halaman web yang saling berhubungan yang dikelompokkan di bawah nama domain. Sedangkan halaman web adalah halaman tunggal di situs web.

Situs web biasanya menyertakan banyak halaman. Beberapa halaman web umum, diantaranya seperti berikut:

  • Beranda - Merupakan halaman pertama yang akan muncul saat Anda mengetik nama domain situs web. Pada halaman ini berisi semua informasi keseluruhan tentang apa situs web itu dan layanan apa saja yang ditawarkan oleh situs tersebut. Kemudian di beranda juga ada tautan yang nantinya akan mengarahkan Anda ke halaman internal dengan informasi lebih detail.
  • Halaman Kontak - Merupakan sebagian besar situs web yang memiliki halaman kontak. Pada halaman ini menawarkan cara bagi pengguna untuk terhubung dengan pemilik situs melalui formulir kontak atau informasi kontak
  • Tentang Kami - Pada halaman ini berisi informasi umum tentang individu, organisasi, atau bisnis yang mengelola situs web. Serta juga terkadang mencakup informasi sejarah atau garis waktu perjalanan organisasi.
  • Blog - Pada halaman ini menampilkan daftar artikel atau berita terbaru yang diterbitkan oleh situs web.

Secara garis besar itulah halaman web umum yang ada di dalam website, dan sebenarnya masih terdapat beberapa halaman lain seperti layanan, portfolio, galeri, testimoni maupun lainnya. Halaman- halaman ini di design sesuai seni dan kebutuhan pemilik website.

Terdapat satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah beberapa situs web mungkin hanya memiliki satu halaman. Dan biasanya situs web semacam itu disebut situs web satu halaman.

Pembahas diatas cukup banyak memberi pengetahuan kita tentang apa itu website dan bagaimana kerja website itu sendiri. Apalagi di Zaman era digital saat ini. Pengetahuan tersebut sangatlah penting untuk kita pahami, terutama bagi mereka para pelaku bisnis, memiliki website untuk mengembangkan bisnis adalah keperluan.

Berbagai kegiatan, baik jual beli, belajar, mencari informasi baru dan sebagainya, semua hampir dikerjakan dengan menggunakan internet maupun website. Contoh seperti kegiatan manajemen gereja, sekarang mereka menggunakan website app atau aplikasi gereja untuk sistem pendataan, membuat jadwal dan komunikasi, tujuannya agar kegiatan dapat ter-manajemen lebih baik.

Memang era digital tidak dapat kita hindari, menuntut kita untuk terus maju dan mengikuti perkembangan. Meski demikian, kejernihan pikiran adalah kekuatan. Untuk menanggapi hal itu, mampukah kita bertindak bijak atau tidak? Memanfaatkan dengan baik atau tidak?

Terutama bagi mereka para pelaku bisnis maupun perusahaan? Banjir-nya berbagai produk membuat mereka bersaing lebih ketat. Kecerdasan dan kebijaksanaan adalah senjata mereka untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan. Yaitu dari bagaimana tindakan mereka memanfaatkan sumber daya yang ada.

Misal seperti mereka para pebisnis baru atau bisnis lama yang belum menyalurkan bisnisnya ke dunia luas, dapat memanfaatkan sumber daya internet untuk mengembangkan bisnis tersebut yaitu dengan membuat website dan menyebarluaskan bisnis mereka khalayak orang banyak.

Sehingga ketika ada orang yang search di Google dan membutuhkan produk semacam produk Anda. Bisnis Anda dapat direkomendasikan oleh Google dan bahkan jika mereka tertarik, mereka akan membelinya.

Apakah Anda Membutuhkan Website untuk Bisnis Anda?

Apapun skala bisnis Anda, memiliki situs web sangatlah penting saat ini. Tidak bisa dihindari, sebagian besar melakukan riset online sebelum membeli sesuatu. Sekarang misal jika Anda tidak memiliki situs web. Lalu bagaimana orang akan tahu tentang produk Anda?

Untuk dapat memahami lebih jelas, berikut beberapa alasan utama mengapa Anda sebenarnya memerlukan situs web untuk bisnis Anda, berikut diantaranya:

  • Kehadiran Online - Hal ini memungkinkan pelanggan Anda menemukan Anda kapan saja dan dari mana saja. Jika tidak dilakukan dengan online, suatu saat mungkin Anda akan kehilangan pelanggan Anda karena pesaing Anda.
  • Ekspansi Pasar- Kehadiran online bisnis Anda dapat dilihat oleh seluruh dunia. Jadi Anda dapat bertemu dengan pelanggan potensial Anda dari berbagai belahan dunia.
  • Meningkatkan Kredibilitas - Kehadiran online bisnis Anda menjadikan bisnis Anda lebih profesional dan ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda kepada bisnis Anda.
  • Peningkatan Jangkauan - Situs web Anda membantu produk Anda menjangkau banyak orang mungkin diantaranya adalah target pelanggan Anda.
  • Hemat Biaya - Memiliki situs e-commerce dapat menghemat biaya dibandingkan dengan toko yang sebenarnya. Hal ini dapat memotong biaya upah, operasi, utilitas, memotong biaya overhead seperti itu juga dapat menurunkan harga produk Anda dan meningkatkan penjualan.
  • Interaksi Pelanggan - Lebih mudah bagi pelanggan menghubungi Anda secara online baik mereka mau mengajukan pertanyaan maupun umpan balik. Berkomunikasi dengan pelanggan dapat membantu Anda meningkatkan produk dan meningkatkan penjualan.

Bagaimana Memulai Website Baru?

Sekarang setelah memahami pentingnya situs web, Anda mungkin menginginkannya untuk bisnis Anda. Namun Anda tidak tahu bagaimana cara membuat situs web.

Biasanya, membuat situs web melibatkan kode pembelajaran yang membutuhkan banyak latihan dan pengalaman bahkan hingga berbulan-bulan. Namun ada cara lain untuk dapat memiliki situs web yaitu dengan menyewa pengembang web atau perusahaan pengembang website untuk membuatkannya untuk Anda. Hal ini mencegah Anda harus mempelajari dan mendalami kode sendiri, tetapi Anda harus membayar sejumlah besar uang.

Serta meski pada saat ini banyaknya platform menyediakan jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi maupun maintenance website dan membuat Anda bingung. Maka Erista hadir memungkinkan Anda membuat situs web dengan mudah, user friendly, responsif, gratis konsultasi, SEO friendly dan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami sekarang juga.

Our office

  • Surabaya
    SoHo Skyloft Ciputra World #1208
    Jl. Mayjend Sungkono 89
    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60224