Peran Sistem Point of Sales (POS) dalam Manajemen Stok yang Efisien

by Kingkin Nura, Writer

Erista Article Image

Konsep Dasar Point of Sales (POS)

Point of Sales (POS) adalah sistem yang digunakan oleh bisnis untuk melakukan transaksi penjualan barang atau jasa kepada pelanggan. Konsep POS mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk memproses pembayaran, melacak inventaris, dan mengelola data penjualan.

Perangkat keras POS meliputi barcode scanner, mesin kasir, printer struk, dan kartu pembayaran, sementara perangkat lunaknya mencakup aplikasi yang memungkinkan penjualan, pengelolaan inventaris, pelacakan penjualan, dan pelaporan keuangan.

Dengan menggunakan POS, bisnis dapat mengotomatiskan proses penjualan mereka, mengurangi kesalahan manusia, dan meningkatkan efisiensi operasional. Sistem POS juga membantu bisnis dalam mengelola stok barang, memahami perilaku pembelian pelanggan, dan membuat keputusan yang lebih cerdas berdasarkan data penjualan yang terkumpul.

Manfaat Point of Sales (POS)

Berikut beberapa manfaat diantaranya:

Pembayaran Lebih Cepat

Tempat penjualan membantu melakukan pembayaran lebih cepat. Karyawan memilih produk yang ingin dibeli konsumen dan sistem secara otomatis menghitung harganya. Faktur dapat dikirim melalui email atau dicetak langsung di tempat dengan printer resi.

Tergantung pada integrasi dan terminalnya, pelanggan dapat membayar dengan uang tunai, kartu kredit atau debit. Hal ini membuat pelanggan dapat menyelesaikan transaksi dengan cepat dan mudah.

Dengan adanya point-of-sale, waktu tunggu konsumen menjadi sangat berkurang, dan karyawan dapat lebih efisien dalam menyelesaikan transaksi.

Manajemen Pelanggan yang Lebih Baik

Dengan memiliki sistem POS, Anda dapat mendokumentasikan informasi pelanggan di sistem Anda.

Bisa berupa nama, nomor telepon, pembelian, email, dll. Dengan memiliki data pelanggan, Anda dapat memiliki gambaran yang lebih baik tentang target pasar Anda, serta kelompok pelanggan (misalnya pelanggan baru atau pelanggan setia Anda).

Anda dapat mengirimkan promosi kepada pelanggan untuk memberikan insentif kepada mereka agar lebih sering mengunjungi toko Anda atau untuk membangun loyalitas pelanggan. Sistem dapat membantu Anda melacak setiap pelanggan untuk menawarkan promosi yang ditargetkan. Memiliki manajemen informasi pelanggan yang tepat memungkinkan Anda memahami target pelanggan Anda secara menyeluruh dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Manajemen Pembelian dan Pemesanan Pemasok yang Lebih Baik

Membeli peralatan untuk bisnis Anda sangatlah penting. Inilah sebabnya mengapa sistem POS berguna untuk mengelola pembelian Anda dari pemasok dengan benar. Ini memungkinkan Anda untuk melacak semua pesanan yang Anda lakukan.

Beberapa perangkat lunak POS memiliki API terbuka yang memungkinkan Anda terhubung langsung ke pemasok Anda. Saat Anda melakukan pemesanan dari tempat penjualan, Anda akan dapat melihat semua faktur pesanan Anda di sistem POS Anda. Ini memberi Anda kendali atas pembelian dan memungkinkan Anda melacak barang yang dipesan dari pemasok. Saat Anda membeli peralatan dari pemasok, Anda akan menerima faktur yang berisi semua informasi tentang pembelian Anda. Ini termasuk produk yang dibeli, kuantitas, deskripsi, biaya, dan banyak lagi.

Selain itu, sistem POS memungkinkan Anda merencanakan pembelian di masa mendatang, serta jumlah minimum produk yang Anda perlukan untuk toko Anda. Hal ini membantu Anda memiliki kontrol yang lebih baik atas pembelian Anda dan memiliki jumlah stok yang optimal di toko Anda untuk meminimalkan kerugian Anda.

Kepuasan & Loyalitas Pelanggan Lebih Baik

Dengan sistem POS, ekspektasi awal konsumen menjadi lebih mudah dengan memberikan layanan yang cepat, akurat, dan efisien.

Dengan menggabungkan ketiga komponen tersebut, pelanggan pasti akan semakin puas dan kemungkinan besar akan kembali lagi ke toko Anda.

Dengan kepuasan yang lebih baik, kemungkinan besar pelanggan akan setia pada toko Anda. Ini bisa menjadi keuntungan besar bagi bisnis Anda karena mempertahankan pelanggan saat ini sering kali lebih mudah daripada mendapatkan pelanggan baru. Dengan memiliki basis pelanggan yang puas dan setia, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan pelanggan dan kehilangan uang.

Keamanan Lebih Baik

Keamanan data suatu perusahaan sangatlah penting. Data Anda harus dapat diakses oleh pengguna resmi perusahaan saja. Dengan sistem POS, data Anda lebih aman dari gangguan yang tidak diketahui.

Sebagian besar sistem menawarkan otentikasi pengguna ganda. Hal ini mengurangi intrusi pengguna jahat ke dalam sistem Anda. Selain itu, administrator dapat dengan cepat memberikan atau memblokir akses kepada pengguna.

Jika Anda ingin data Anda dicadangkan dan dilindungi setiap saat, gunakan tempat penjualan berbasis cloud. Di Erista, solusi komputasi awan kami memungkinkan Anda membuat cadangan data secara sistematis dan otomatis.

Selain itu, Anda dapat melihat data Anda di mana saja dan kapan saja. Dengan menyimpan data Anda di cloud, Anda dapat yakin bahwa data tersebut terlindungi dari bencana alam seperti banjir atau kebakaran toko.

Manajemen Karyawan Lebih Baik

Mengoptimalkan waktu karyawan bisa menjadi rumit tanpa data nyata. Dengan sistem POS, mengelola staf Anda dan mengoptimalkan jadwal mereka akan lebih mudah.

Sistem POS, seperti Alice POS, memungkinkan Anda melihat penjualan per karyawan, jam kerja mereka, dan penjualan per slot waktu. Dengan informasi tersebut, Anda dapat melihat karyawan mana yang berkinerja baik, mana yang tidak, dan jam sibuk di toko. Dengan memiliki informasi ini, akan lebih mudah untuk membuat jadwal, mengoptimalkan waktu kerja karyawan, dan memberikan pelatihan berkelanjutan.

Melatih karyawan Anda untuk mengajari mereka cara menggunakan perangkat lunak POS adalah penting untuk dipertimbangkan. Penting untuk memastikan bahwa pelatihan tersedia saat Anda menentukan pilihan perangkat lunak POS. Beberapa perusahaan menawarkan pelatihan untuk Anda dan karyawan Anda, yang lainnya tidak. Tim Alice POS, misalnya, selalu menawarkan pelatihan jarak jauh dan bahkan mungkin menawarkan pelatihan di tempat.

Manajemen Promosi Lebih Baik

Memiliki beberapa promosi mungkin sulit untuk dikelola dan diketahui mana yang aktif dan tidak aktif. Dengan memiliki sistem POS, Anda mungkin cenderung lebih efisien dalam menjalankan promosi Anda.

Anda hanya perlu memilih item yang ingin Anda promosikan di perangkat lunak, menunjukkan jenis diskon dan durasinya. Setelah Anda menyiapkan promosi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkannya.

Dengan fungsi ini, Anda dapat menghemat waktu dalam pengelolaan promosi Anda. Navigasi untuk menemukan promosi Anda juga akan lebih mudah. Ini memungkinkan Anda melacak promosi aktif Anda.

Peningkatan Citra Perusahaan

Dengan menerapkan sistem POS di toko Anda, pelanggan mungkin cenderung memiliki persepsi yang lebih baik terhadap bisnis Anda.

Memang benar, dengan mempertimbangkan manfaat sistem POS yang disebutkan dalam artikel ini, konsumen mungkin memiliki sikap positif terhadap toko Anda dibandingkan toko yang disusun di atas kertas.

Dengan sistem POS, waktu tunggu berkurang, transaksi menjadi cepat dan pemindaian barang menjadi cepat. Fasilitas ini dapat membantu toko Anda menciptakan tingkat kepercayaan yang kuat, reputasi yang kuat, dan kredibilitas yang nyata.

Pelanggan Anda dapat merekomendasikan perusahaan Anda kepada kerabatnya dan dapat mendatangkan calon konsumen di kemudian hari.

Bagaimana Point of Sales (POS) Meningkatkan Kinerja Bisnis

Bagaimana sistem POS dapat meningkatkan kinerja bisnis, efisiensi, profitabilitas, dan kepuasan pelanggan Anda. Berikut beberapa diantaranya:

Sistem POS Ritel

Sistem POS Ritel dirancang untuk menangani transaksi bervolume tinggi, berbagai metode pembayaran, dan manajemen inventaris yang kompleks. Mereka dapat membantu Anda melacak tingkat stok, menyusun ulang produk, membuat laporan penjualan, dan menawarkan diskon dan program loyalitas. Sistem POS ritel juga dapat berintegrasi dengan platform e-commerce, perangkat lunak akuntansi, dan alat pemasaran untuk menyederhanakan operasi online dan offline Anda. Beberapa contoh sistem POS retail adalah Shopify, Square, dan Vend.

Sistem POS Restoran

Sistem POS Restoran disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis makanan dan minuman. Sistem POS dapat membantu Anda mengelola menu, pesanan, reservasi meja, pengiriman, dan operasional dapur. Mereka juga dapat membantu Anda memantau biaya makanan, limbah, dan inventaris, serta menyesuaikan harga dan porsi Anda.

Sistem POS Restoran juga dapat memberikan umpan balik pelanggan, kinerja staf, dan analisis penjualan untuk membantu Anda meningkatkan layanan dan profitabilitas. Beberapa contoh sistem POS restoran adalah Toast, Revel, dan Lightspeed.

Sistem POS Layanan

Sistem POS Layanan cocok untuk bisnis yang menawarkan layanan profesional atau pribadi, seperti salon, spa, gym, dan klinik. Sistem POS dapat membantu Anda menjadwalkan janji temu, mengelola keanggotaan, mengumpulkan pembayaran, dan mengirimkan pengingat dan konfirmasi. Mereka juga dapat membantu Anda menyimpan informasi, preferensi, dan riwayat pelanggan, serta menawarkan layanan dan promosi yang dipersonalisasi.

Sistem POS Layanan juga dapat berintegrasi dengan perangkat lunak lain, seperti CRM, penggajian, dan pemasaran email, untuk mengotomatiskan alur kerja dan komunikasi Anda. Beberapa contoh sistem POS layanan adalah Mindbody, Booker, dan Vagaro.

Sistem POS Perhotelan

Sistem POS Perhotelan ideal untuk bisnis yang menyediakan layanan akomodasi dan perjalanan, seperti hotel, resor, dan operator tur. Mereka dapat membantu Anda mengelola reservasi, check-in, check-out, penagihan, dan tata graha. Mereka juga dapat membantu Anda membuat profil tamu, menawarkan imbalan loyalitas, dan meningkatkan penjualan layanan dan fasilitas tambahan.

Sistem POS Perhotelan juga dapat terhubung dengan platform lain, seperti agen perjalanan online, manajer saluran, dan sistem manajemen pendapatan, untuk mengoptimalkan tingkat hunian dan tarif Anda. Beberapa contoh sistem POS perhotelan adalah Cloudbeds, Mews, dan Little Hotelier.

Sistem POS Khusus

Sistem POS khusus disesuaikan untuk bisnis yang memiliki kebutuhan unik atau khusus, seperti apotek ganja, toko minuman keras, atau pegadaian. Mereka dapat membantu Anda mematuhi peraturan hukum, mengelola lisensi, pajak, dan audit, serta menangani inventaris dan harga yang rumit.

Sistem POS dapat membantu Anda menarik dan mempertahankan pelanggan, menawarkan program loyalitas, dan berintegrasi dengan perangkat lunak lain, seperti e-niaga, akuntansi, dan keamanan. Beberapa contoh sistem POS khusus adalah Greenbits, LiquorPOS, dan Bravo.

Peran Sistem Point of Sales (POS) dalam Manajemen Inventaris/Stok

Dengan kata sederhana, manajemen inventaris yang efektif adalah menjaga stok produk yang cukup untuk memenuhi potensi permintaan dan menyediakan produk tersebut di lokasi yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Sedangkan seperti biaya pergudangan, ketidakpuasan pelanggan karena produk tidak tersedia, waktu dan tenaga yang terbuang untuk mencari barang yang hilang, dan kelebihan stok yang harus dijual dengan kerugian, semuanya berasal dari pengelolaan persediaan yang tidak tepat.

Apalagi, ketika Anda memiliki lebih banyak inventaris daripada yang dapat Anda jual secara wajar, Anda berisiko harus membayar untuk menyimpannya di gudang atau fasilitas penyimpanan, yang akan mengurangi keuntungan Anda, dan Anda mungkin terpaksa mendiskon item yang tersisa dan menjualnya dengan kerugian.

Penjualan turun ketika produk yang tersedia tidak mencukupi. Pelanggan akan mulai membeli dari pesaing Anda, dan pengalaman negatif mereka akan berdampak buruk pada bisnis Anda.

Oleh sebab itu, disinilah kegunaan sistem Point of Sales (POS), dapat membantu meningkatkan manajemen inventaris Anda, meningkatkan penghasilan Anda, dan meningkatkan pengalaman pembelian pelanggan Anda.

Seperti produk, klasifikasi, harga grosir dan eceran, unit penyimpanan stok (SKU) dan nomor barcode, jumlah, dan pemasok semuanya dapat dimasukkan ke dalam sistem Point of Sales (POS) dengan fungsi manajemen inventaris.

Biasanya, sistem POS yang baik akan secara otomatis mengupdate jumlah stok saat transaksi diproses. Seperti berikut beberapa manfaat lain diantaranya:

  1. Dengan sistem manajemen inventaris POS, pemilik bisnis dapat memantau tingkat stok di beberapa toko tanpa mengunjungi masing-masing toko secara fisik.

  2. Pelanggan Anda lebih mudah menyelesaikan pembelian dan check out dengan cepat tanpa harus menunggu lama. Dengan sistem POS yang handal, Anda dapat memastikan proses pembayaran yang lancar dan efisien bagi konsumen Anda. Selain itu, jika suatu objek memiliki kode barang, objek tersebut dapat dipindai dan diatur dengan cepat.

  3. Penggajian akan dihitung secara otomatis oleh mesin, bahkan dapat mencetak slip pembayaran karyawan Anda.

  4. Anda dapat melihat penjualan baik harian, mingguan, bulanan, atau tahunan, karena disini mesin POS yang kuat akan membantu Anda. Ini juga akan memberikan wawasan tentang sejarah perusahaan Anda (jika mungkin sewaktu-waktu Anda membutuhkan data lama dari bisnis Anda).

  5. Sistem POS dapat memberi tahu Anda ketika persediaan Anda hampir habis, membuat pesanan pembelian, dan mengawasi penyedia layanan Anda. Sistem pelacakan menyeluruh memfasilitasi pengetahuan tentang apa yang terjadi di perusahaan Anda.

  6. Fungsi pelaporan sistem POS dapat menangani analisis pasar untuk membantu Anda tetap mengikuti tren dan membuat keputusan bisnis yang cerdas.

  7. Dengan POS Anda juga dapat memberitahu pelanggan tentang acara, promosi, dan penjualan melalui email.

  8. Dapat mengenali konsumen Anda lebih baik dengan mengawasi pembelian mereka dan memberi mereka poin karena melakukan pembelian. Itu sebabnya orang terus datang kembali ke toko Anda.

  9. Dapat menjadi sebagian besar program loyalitas pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan frekuensi dan nilai pembelian yang dilakukan oleh pelanggan yang sudah ada. Mengorganisir program loyalitas seperti pengurangan harga, penukaran kupon, dan distribusi freebie sangatlah mudah.

  10. Memudahkan penghitungan barang secara manual dan waktu yang diperlukan untuk melakukannya dikurangi dengan pelacakan inventaris otomatis.

  11. Dapat melihat penjualan dan tingkat stok berdasarkan toko atau jangka waktu untuk menentukan apakah akan mengisi ulang atau meluncurkan kampanye pemasaran. Informasi terbaik yang dapat Anda peroleh dari laporan penjualan POS Anda adalah produk mana yang terjual dengan cepat, produk mana yang tidak terjual dengan baik, produk mana yang paling menguntungkan, dan produk mana yang hampir habis.

  12. Dapat menjadi solusi yang baik untuk memungkinkan Anda memeriksa tingkat stok produk di seluruh lokasi dan saluran penjualan perusahaan Anda (online dan offline) tanpa meninggalkan meja kerja Anda.

  13. POS juga dapat memangkas pengeluaran dan meningkatkan keuntungan dengan strategi manajemen inventaris seperti pemesanan tepat waktu, stok abadi, dan pemesanan ulang pada waktu yang telah ditentukan.

  14. Memasukkan mesin POS ke dalam operasi perusahaan memungkinkan pemilik untuk beralih antara inventaris permanen dan penimbunan tepat waktu.

Sistem POS Apa yang Terbaik untuk Bisnis Saya

Berbagai sistem POS tersedia di pasar, masing-masing dengan fitur dan kemampuan yang disesuaikan dengan industri atau kebutuhan bisnis tertentu.

Mesin kasir tradisional dengan fitur bawaan seperti pemindai kode batang dan printer resi biasanya digunakan untuk bisnis ritel. Bisnis semakin banyak yang mengadopsi sistem POS berbasis cloud. Sistem modern ini menawarkan beberapa fitur baru, seperti manajemen inventaris, manajemen karyawan, dan pelaporan yang dapat disesuaikan.

Dalam industri perhotelan, sistem POS dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan restoran, kafe, dan bar. Sistem ini dapat menangani pengaturan pesanan dan meja yang rumit dan bahkan berintegrasi dengan sistem tampilan dapur. Sistem POS untuk industri perhotelan juga dilengkapi dengan fitur seperti manajemen tip dan kemampuan pembayaran seluler.

Selain itu, sistem khusus tersedia untuk jenis bisnis tertentu seperti salon, butik, dan truk makanan. Sistem ini menawarkan fitur khusus industri, seperti penjadwalan janji temu untuk salon atau pelacakan inventaris untuk butik.

Memilih sistem POS yang tepat untuk bisnis bergantung pada industri, ukuran, dan kebutuhan spesifiknya. Baik itu mesin kasir tradisional atau sistem berbasis cloud dengan fitur-fitur canggih, berinvestasi dalam sistem POS yang andal dan efisien dapat memberikan keuntungan signifikan bagi bisnis dalam mengelola operasional sehari-hari dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

POS Ritel

Sistem POS Ritel adalah alat yang sangat diperlukan untuk mengelola inventaris, memproses pembayaran, dan melacak penjualan di toko ritel. Integrasi komponen perangkat keras dan perangkat lunak fungsional memastikan pengalaman pembayaran pelanggan yang lancar dan efisien sekaligus memberikan wawasan berharga untuk keseluruhan operasi bisnis.

  1. Komponen: Mesin kasir atau terminal POS, pemindai kode batang, printer resi, dan laci kas. Selain itu, sistem memiliki perangkat lunak untuk mengaktifkan fungsionalitas dan memproses transaksi.

  2. Fungsi: sistem POS ritel secara akurat menghitung total transaksi, memproses berbagai jenis pembayaran, dan menghasilkan tanda terima digital atau cetak untuk pelanggan. Sistem ini juga mengelola inventaris dengan melacak tingkat stok, memperbarui informasi produk, dan menghasilkan laporan.

  3. Manajemen inventaris: Melacak tingkat inventaris secara real-time, sehingga pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang tepat mengenai pembelian dan penyetokan ulang. Sistem ini juga dapat menghasilkan laporan yang memberikan wawasan tentang produk yang terjual dengan cepat, persediaan yang bergerak lambat, dan tren secara keseluruhan.

  4. Pelacakan penjualan: Transaksi penjualan, catatan detail penjualan harian, penjualan per karyawan, dan penjualan per produk. Informasi ini membantu memantau kinerja, mengidentifikasi produk populer, dan memperkirakan penjualan di masa depan.

  5. Integrasi: Kemampuan integrasi dengan perangkat lunak bisnis lain seperti alat akuntansi, SDM, atau manajemen hubungan pelanggan (CRM) sangat penting untuk membangun bisnis yang tahan masa depan.

POS untuk restoran dan bar

  1. Pra-otorisasi untuk pengelolaan bar-tab: Salah satu fitur penting untuk restoran dan bar adalah pra-otorisasi, yang memungkinkan pelanggan membuka tab dan menyimpan detail kartu kredit mereka secara aman terkait dengan pesanan mereka. Hal ini memastikan pengelolaan tab yang lancar dan pembayaran yang cepat ketika tiba waktunya bagi pelanggan untuk melunasi tagihan mereka.

  2. Kontrol inventaris bar dan minuman keras: Sistem POS Restoran dan bar menyediakan fitur khusus untuk mengelola inventaris bar dan minuman keras. Sistem ini membantu melacak tingkat stok secara real-time, menghasilkan peringatan jika persediaan rendah, dan bahkan berintegrasi dengan sistem kontrol minuman keras untuk mencegah pencurian dan memantau keakuratan penuangan.

  3. Pembayaran cepat: Layanan cepat sangat penting di restoran dan bar. Sistem POS memungkinkan pembayaran cepat dengan memungkinkan staf membagi tagihan dengan mudah, memproses beberapa metode pembayaran, dan menerapkan diskon atau promosi secara efisien.

  4. Dukungan 24/7: Restoran dan bar beroperasi berjam-jam, dan dukungan yang andal sangatlah penting. Beberapa penyedia POS menawarkan dukungan pelanggan 24/7, memastikan bahwa setiap masalah teknis atau pertanyaan dapat segera diatasi, meminimalkan waktu henti dan memaksimalkan produktivitas.

  5. Manajemen karyawan dan inventaris: Kelola jadwal staf, lacak waktu dan kehadiran, serta pantau kinerja penjualan. Sistem ini juga membantu manajemen inventaris, penyetokan ulang, dan mencegah kehabisan stok.

  6. Program loyalitas pelanggan: Menerapkan program loyalitas pelanggan untuk memberi insentif pada bisnis yang berulang. Program loyalitas dapat melacak kebiasaan belanja tamu, menawarkan imbalan atau diskon, dan memberikan wawasan pelanggan yang berharga untuk strategi pemasaran yang efektif.

  7. Resep: Sistem POS dapat menyimpan dan mengelola resep, membantu bartender dan staf dapur memastikan konsistensi dan kualitas dalam persiapan koktail dan hidangan.

POS hotel dan resort

Transfer biaya makan: Transfer biaya makan dari ruang makan ke kamar tamu. Hal ini menghilangkan kebutuhan para tamu untuk melunasi tagihan mereka di restoran dan menyederhanakan proses pembayaran.

  1. Integrasi dengan PMS (Sistem Manajemen Properti) : Memungkinkan berbagi data departemen untuk memastikan pelacakan biaya tamu yang akurat dan menyederhanakan proses penagihan dan akuntansi.

  2. Manajemen layanan kamar: Staf dapat menerima pesanan langsung dari kamar tamu dan memproses pembayaran secara instan, memastikan layanan cepat dan akurat.

  3. Integrasi spa dan kesehatan: Memungkinkan para tamu dengan mudah membebankan biaya perawatan dan layanan ke kamar mereka.

  4. Manajemen acara dan jamuan makan: Kelola acara dan jamuan makan dengan menangani reservasi, melacak pesanan, dan menghasilkan detail penagihan yang akurat untuk penyelenggara acara.

  5. Pelaporan dan analitik: Kemampuan pelaporan dan analitik terperinci memungkinkan manajer mendapatkan wawasan tentang tren penjualan, manajemen inventaris, dan kinerja karyawan.

POS toko kelontong

Manajemen inventaris memungkinkan pemilik toko melacak tingkat stok dengan cepat dan akurat, mengotomatiskan proses pemesanan ulang, dan mencegah situasi kehabisan stok. Hal ini memastikan pelanggan dapat mengakses produk yang mereka butuhkan dan memungkinkan pemilik toko mengoptimalkan inventaris mereka untuk memenuhi permintaan pelanggan.

  1. Pemrosesan transaksi: Dilengkapi dengan pemindai barcode dan printer resi, kasir dapat memindai barang dan memproses transaksi dengan cepat dan akurat. Dengan kemampuan pemrosesan kartu yang terintegrasi, pelanggan dapat melakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran pilihan mereka.

  2. Pelaporan terperinci: Lacak dan catat setiap penjualan, berikan laporan terperinci tentang tren penjualan, produk populer, dan jam operasional puncak. Wawasan ini memungkinkan pemilik toko untuk mengoptimalkan penempatan produk, menyesuaikan strategi penetapan harga, dan meningkatkan profitabilitas.

  3. Manajemen profil: Membuat dan mengelola profil pelanggan, memungkinkan pengecer mempersonalisasi promosi, menawarkan diskon, dan menerapkan program loyalitas. Transaksi yang lancar dan efisien berkontribusi pada pengalaman pelanggan yang positif, memastikan kepuasan dan loyalitas.

  4. Transaksi aman: Dengan memanfaatkan pemroses pembayaran yang aman, pengecer dapat memastikan informasi pembayaran pelanggan terenkripsi dan terlindungi dari penipuan.

Untuk berkembang di industri ritel dan perhotelan, penting untuk memilih sistem POS yang memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda dengan cermat. Hal ini mencakup solusi komprehensif dan siap pakai cloud yang mendukung semua aspek POS modern, termasuk perangkat keras, sistem operasi, server aplikasi, teknologi basis data, dan perangkat lunak khusus industri.

Raih sukses bisnis Anda dengan sistem Point of Sales (POS) yang revolusioner. Manajemen stok yang efisien bukan lagi impian, tapi kenyataan yang dapat Anda miliki. Tuntaskan masalah inventarisasi, tingkatkan kepuasan pelanggan, dan dorong pertumbuhan bisnis Anda. Investasikan sekarang, hadirkan transformasi, dan saksikan bisnis Anda meraih puncak keberhasilan!

Definisi Point of Sales (POS): Cara Kerja & Mengapa Penting?

Tingkatkan bisnis Anda dengan POS. Apa itu Point of Sales (POS)? Berikut definisi Point of Sales (POS): Cara kerja & mengapa penting?

Baca artikel

Cara Memulai Bisnis Digital Dari Nol: Langkah-langkah dan Tips

Ingin membangun bisnis tapi bingung bagaimana cara memulainya? Ini tips dan langkah-langkahnya, sebagai berikut:

Baca artikel

13 Trik Efektif Tingkatkan Omset Penjualan Bisnis Anda

Apakah bisnismu tak kunjung berkembang? Ini 13 trik efektif tingkatkan omset penjualan bisnis Anda. Berikut diantaranya:

Baca artikel

15 Jasa Pembuatan Website Terbaik di Tahun 2023

Pentingnya jasa pembuatan website untuk bisnis Anda. Berikut 15 jasa pembuatan website yang wajib kalian ketahui, diantaranya adalah:

Baca artikel

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami sekarang juga.

Our office

  • Surabaya
    SoHo Skyloft Ciputra World #1208
    Jl. Mayjend Sungkono 89
    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60224