Peran Mobile App Dalam Transformasi Bisnis Digital

by Kingkin Nura, Writer

Erista Article Image

Saat ini, dunia jauh lebih terhubung daripada beberapa tahun yang lalu. Ponsel cerdas telah membawa ledakan teknologi dan aplikasi baru yang secara mendasar telah mengubah hidup kita.

Bagaimana bisa? Semua ini terjadi karena Mobile App. Mobile App memainkan peran penting dalam proses yang lebih luas yang mendukung transformasi digital. Dengan mempermudah bisnis menjangkau pelanggan mereka. Mobile App dapat membantu dan menciptakan budaya inovasi yang meningkatkan produktivitas dan membantu organisasi menjadi lebih efisien.

Baca artikel ini untuk mempelajari bagaimana Mobile App dapat memanfaatkan potensi bisnis Anda dan cara memberikan pengalaman ramah seluler kepada pelanggan Anda.

Apa itu Transformasi Digital?

Untuk mengikuti tuntutan pasar dan dunia bisnis yang selalu berubah, semakin banyak perusahaan mengandalkan teknologi digital untuk membuat dan menerapkan proses bisnis yang inovatif dan kreatif bagi perusahaan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Ini disebut sebagai transformasi digital.

Meskipun transformasi digital mungkin melibatkan inisiatif digitalisasi, namun itu jauh melampaui cakupan proyek individu dan memiliki konsekuensi yang luas untuk keseluruhan bisnis.

Mengapa Transformasi Digital Penting?

Di era digital saat ini, proliferasi Mobile App telah secara radikal mengubah cara organisasi beroperasi dan menciptakan peluang baru yang tak terhitung jumlahnya. Karena pelanggan semakin bergantung pada perangkat seluler, bisnis dapat memperoleh keunggulan dengan memenuhi tren saat ini melalui pengembangan Mobile App.

Menurut laporan statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2023, akan ada 7,26 miliar pengguna ponsel di dunia. Selain itu, jumlah unduhan Mobile App diperkirakan akan terus meroket menjadi 258 miliar di sepanjang tahun 2023.

Pada tahun lalu saja, lebih dari $50 miliar diinvestasikan di perusahaan pengembang Mobile App. Industri ini telah mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya selama beberapa tahun terakhir karena semakin banyak organisasi yang mengakui peran Mobile App untuk bisnis mereka.

Bagaimana Mobile App Bertindak Sebagai Katalis Utama dalam Transformasi Digital?

Perusahaan dapat memanfaatkan peluang pasar, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan kualitas layanan mereka dengan mengembangkan Mobile App yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus dan pengalaman seluler mereka.

Mobile App telah menjadi pijakan penting dalam memajukan transformasi digital bisnis. Berikut peran Mobile App dalam transformasi digital bisnis dan manfaat yang ditawarkan:

1. Memperluas basis pelanggan dan saluran promosi

Mobile App telah memungkinkan pihak satu dan pihak lainnya terhubung secara baik dimanapun lokasinya, yang menjadikannya alat yang harus dimiliki untuk bisnis apa pun itu. Bisnis sekarang dapat menggunakan Mobile App untuk memperluas basis pelanggan mereka dan menjangkau pelanggan baru melalui saluran baru. Mobile App juga digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan, kolaborasi pemangku kepentingan jarak jauh, dan komunikasi perubahan kebijakan dan strategi.

2. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Mobile App memungkinkan bisnis untuk tetap terhubung dengan pelanggan secara real-time. Mereka menawarkan cara yang lebih nyaman dalam melakukan sesuatu daripada online atau menelepon meja layanan pelanggan. Selain itu, Mobile App membantu meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan karena memungkinkan pelanggan mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja.

3. Mobile App mendorong Inovasi dan Kreativitas Bisnis

Mobile App membuka pintu bagi inovasi dan kreativitas di dunia bisnis. Dengan fitur-fitur seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan teknologi lainnya, bisnis dapat menciptakan pengalaman unik bagi pelanggan.

Misalnya perusahaan fashion dapat menyediakan fitur “fitting room virtual” di aplikasi mereka, yang memungkinkan pelanggan mencoba pakaian secara digital sebelum membeli. Ini memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan inovatif bagi pelanggan.

Selain itu, Mobile App juga memungkinkan bisnis untuk menciptakan program loyalitas dan promosi yang kreatif. Misal, bisnis dapat memberikan poin atau diskon eksklusif bagi pelanggan yang menggunakan aplikasi atau Mobile App untuk berbelanja atau berpartisipasi dalam program tertentu. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk lebih sering berinteraksi dengan bisnis dan meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

Contoh sukses: Sephora, merek kosmetik dan perawatan kulit terkemuka, telah sukses mengintegrasikan fitur AR dalam Mobile App mereka. Pelanggan dapat mencoba berbagai produk kosmetik dengan cara yang menyenangkan dan interaksi melalui teknologi AR. Hal ini membantu pelanggan dalam memilih produk yang sesuai dengan warna kulit dan preferensi mereka.

4. Peningkatan Efisiensi Operasional

Mobile App juga memberikan manfaat besar dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Bagi sektor ritel, misalnya, Mobile App dapat mengotomatiskan proses pesanan, pembayaran, dan pengiriman, mengurangi keterlambatan, dan kesalahan manusia.

Dalam industri jasa, Mobile App dapat mempermudah proses reservasi dan penjadwalan, mengurangi interaksi manual, dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Dengan menyediakan akses real-time ke data dan analisis, Mobile App membantu pemilik bisnis dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat dan responsif.

5. Ekspansi Pasar dan Akses Global

Mobile App memungkin bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan bersaing secara global. Dalam lingkungan digital yang terhubung secara global, batasan geografis bukan lagi kendala bagi bisnis.

Melalui Mobile App, bisnis dapat dengan mudah memperluas jangkauan mereka pasar internasional, menjual produk dan layanan ke pelanggan di berbagai belahan dunia. Ini memberikan peluang besar untuk pertumbuhan bisnis, meningkatkan pendapat, dan memperluas basis pelanggan.

6. Mengoptimalkan Pengalaman Pelanggan

Salah satu aspek paling penting dalam transformasi digital bisnis adalah meningkatkan pengalaman pelanggan. Mobile App memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman pelanggan.

Dengan interaksi yang mudah, navigasi yang intuitif, dan fitur-fitur inovatif, Mobile App dapat meningkat kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam berinteraksi dengan bisnis. Seiring berjalannya waktu, pengalaman pelanggan yang positif akan berkontribusi pada kesetiaan pelanggan, pengulangan pembelian, dan promosi melalui “word of mouth.”

Bagaimana Cara Memulai dengan Mobile App sebagai Bagian dari Transformasi Digital Anda?

Mobile App adalah kunci keberhasilan peluncuran transformasi digital perusahaan. Begini caranya:

Untuk menerapkan transformasi digital, ada dua elemen utama yang perlu menjadi fokus bisnis saat merencanakan untuk mengubah alur kerja dan tenaga kerja mereka secara digital yaitu kemampuan beradaptasi dan portabilitas . Kedua elemen saling bekerjasama mencapai kedua target sekaligus.

Kemampuan beradaptasi mengacu pada betapa mudahnya bagi karyawan atau tim untuk mengubah alur kerja dan komunikasi mereka bila diperlukan. Ini dapat dicapai melalui Mobile App yang memungkinkan mereka mengakses data perusahaan dari mana saja, kapan saja. Mobile App juga membantu mengotomatiskan proses melalui API (antarmuka pemrograman aplikasi), yang membantu menjadikan proses bisnis lebih efisien dan hemat biaya.

Portabilitas mengacu pada seberapa mudah karyawan dapat menggunakan perangkat mereka sendiri (seperti smartphone) atau layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive saat bekerja dari jarak jauh di rumah atau tempat lain di luar gedung kantor.

Menyatukan kedua elemen inilah yang membuat Mobile App menjadi cara yang ideal untuk mengubah alur kerja bisnis dan tenaga kerja Anda secara digital.

Mungkin sebagian dari kita bukan seorang teknisi yang dapat membuat Mobile App khusus untuk perusahaan. Namun Erista bisa menjadi solusi, Erista perusahaan profesional teknologi yang dapat membantu bisnis digitalmu. Katakan saja dan hubungi disini!

Mobile App : Solusi Terbaik untuk Menghadapi Tantangan Bisnis Modern

Jika Anda menginginkan bisnis Anda tumbuh dan berkembang di era modern, mobile app solusi terbaiknya, berikut penjelasannya:

Baca artikel

Cara Memulai Bisnis Digital Dari Nol: Langkah-langkah dan Tips

Ingin membangun bisnis tapi bingung bagaimana cara memulainya? Ini tips dan langkah-langkahnya, sebagai berikut:

Baca artikel

7 Tips Cara Memulai Bisnis Toko Online di Tahun 2023

Punya mimpi memiliki bisnis toko online yang sukses, tapi bingung memulai? Berikut 7 tips cara memulai bisnis toko online di tahun 2023.

Baca artikel

Jasa Pembuatan Website Profesional di Surabaya Tahun 2023

Butuh partner untuk kembangin bisnis digital Anda? Jasa pembuatan website profesional hadir bantu wujudkan mimpimu. Konsultasikan disini.

Baca artikel

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami sekarang juga.

Our office

  • Surabaya
    SoHo Skyloft Ciputra World #1208
    Jl. Mayjend Sungkono 89
    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60224