Pentingnya Website Untuk Strategi Pemasaran Online Anda

by Kingkin Nura, Writer

Erista Article Image

Website adalah alat pemasaran yang tak tergantikan untuk merek apa pun saat ini. Visual berkualitas tinggi dan konten langsung dapat membedakan merek Anda dari pesaing dan menarik lebih banyak pelanggan. Hal ini memastikan kehadiran digital Anda dan merupakan salah satu platform pemasaran digital terpenting yang dapat membantu Anda meningkatkan lalu lintas penjualan Anda.

Jadi tidak perlu khawatir, karena keberadaan website Anda tidak akan memberikan kerugian untuk bisnis Anda. Namun jika Anda ingin website Anda benar-benar membantu bisnis Anda tumbuh dan meningkatkan prospek Anda, maka yang perlu dilakukan adalah membuat strategi pemasaran yang tepat untuk tujuan bisnis dan implementasikan dalam website Anda.

Untuk memperjelas pemahaman ini, mari simak pembahasan pentingnya website untuk strategi pemasaran online Anda, berikut penjelasannya:

Apa itu Pemasaran Online?

Pertama-tama, mari kita pahami apa itu pemasaran online. Pemasaran online adalah praktik menyebarkan pesan tentang produk dan layanan perusahaan melalui saluran berbasis web. Metode dan alat yang diterapkan untuk pemasaran online merangkum pemasaran email, pemasaran media sosial, PPC, optimisasi mesin pencari, dan banyak lagi.

Tujuan utama pemasaran online yaitu untuk menjangkau pelanggan potensial melalui platform atau sarana tempat dimana mereka menghabiskan sebagian besar waktu-nya untuk mencari, berbelanja, dan bersosialisasi.

Kehadiran realitas online yang luas dalam hidup kita menyebabkan adopsi Internet secara luas baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi. Untungnya, manfaat Internet memerlukan saluran pemasaran baru juga. Itu termasuk media digital untuk menjangkau orang baru dan mengubahnya dari pengunjung virtual menjadi pelanggan setia.

Perbedaan utama antara pemasaran online dan pemasaran tradisional adalah pemasaran tradisional menggunakan media seperti iklan cetak, TV, atau radio. Sebaliknya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemasaran online dapat dilakukan di media sosial, email, dan mesin pencari seperti Google.

Perlu dicatat bahwa sebelum munculnya pemasaran online, biaya iklan cukup mahal. Saat ini, setiap orang yang ingin mempromosikan bisnis mereka dapat memanfaatkan saluran pemasaran online ini dan meningkatkan merek mereka. Anda cukup meluncurkan situs web dan memulai kampanye akuisisi pelanggan. Semua itu dengan harga yang sangat terjangkau dan dengan pengembalian investasi/ Return on Investment (ROI) yang sangat tinggi.

Pemasaran Anda dan bagaimana hal itu dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Apa itu Pemasaran Situs Web atau Website?

Website Anda adalah salah satu elemen terpenting dari merek Anda. Ini meningkatkan kredibilitas Anda, membuat merek Anda terlihat lebih profesional, dan tentu saja memastikan kehadiran online Anda. Tapi apa sebenarnya peran website Anda dalam pemasaran online Anda?

Pemasaran online Anda merupakan salah satu metode paling hemat biaya untuk meningkatkan bisnis Anda, akan menjadi sia-sia tanpa website. Tidak masalah berapa banyak usaha yang Anda lakukan untuk itu. Jika audiens target Anda tidak dapat menemukan Anda secara online, Anda akan kehilangan sebagian besar dari mereka.

Setelah Anda memiliki website yang dirancang dengan baik, Anda harus memusatkan semua teknik pemasaran online Anda untuk mempromosikannya karena website Anda pada dasarnya adalah magnet pelanggan Anda. Ini adalah platform paling efisien untuk meyakinkan pengunjung Anda untuk menjadi pelanggan Anda. Inilah yang disebut pemasaran website.

Pemasaran website adalah seni mempromosikan situs web merek Anda di Internet untuk meningkatkan jumlah pengunjung Anda. Poin kuncinya di sini adalah bahwa pengunjung Anda haruslah mereka yang cenderung menjadi pelanggan Anda.

Misal. Jika Anda menjual baju hamil, kunjungan anak laki-laki gamer berusia 16 tahun tidak akan menambah nilai bisnis Anda. Itulah mengapa ini bukan hanya tentang meningkatkan jumlah pengunjung Anda, melainkan tentang mereka yang tertarik membelanjakan uang untuk produk atau layanan Anda. Hanya dalam hal ini lebih banyak pengunjung akan membawa lebih banyak peluang untuk meningkatkan bisnis Anda dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Apa itu Strategi Pemasaran Website?

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu pemasaran website, mari kita bahas apa itu strategi pemasaran website dan mengapa Anda harus memilikinya. Strategi pemasaran website pada dasarnya adalah bagaimana Anda berencana untuk meningkatkan website Anda untuk meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan pengalaman pengunjung Anda.

Misalnya, jika Anda memproduksi produk perawatan kulit, pengunjung Anda kemungkinan besar akan tertarik untuk membaca tentang cara mengidentifikasi jenis kulit mereka dan jenis nutrisi apa yang harus disertakan dalam produk perawatan kulit mereka. Akan lebih mudah jika mereka menemukan semua informasi ini di satu tempat. Mempertimbangkan contoh khusus ini, Anda dapat menulis posting blog informatif yang membahas topik yang disebutkan dan meningkatkan keterlibatan situs web Anda.

Jadi untuk mempromosikan merek Anda secara efektif, Anda harus memiliki rencana strategi pemasaran yang baik.

Peran Website Anda dalam Strategi Pemasaran Digital Anda

1. Pemasaran Konten

Apakah Anda sedang menulis artikel biasa (seperti ini) atau makalah penelitian peer-review, Anda membuat beberapa jenis konten yang membutuhkan tempat tinggal, dan website Anda adalah tempat itu. Konten yang Anda buat adalah salah satu komponen utama website Anda dan sangat memengaruhi cara pemirsa menafsirkan merek Anda. Oleh karena itu, pemasaran konten layak mendapat perhatian lebih dari yang Anda kira.

Singkatnya, pemasaran konten bertujuan untuk membuat media yang informatif dan relevan tentang merek Anda dan topik lain yang terkait langsung dengan konsep merek Anda (ingat contoh perawatan kulit). Melalui ini, audiens target Anda dapat mengenal keahlian dan produk Anda. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa membuat konten yang menjawab kebutuhan pembeli potensial Anda adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling efektif.

Blogging

Pada catatan ini, penting untuk disebutkan bahwa sekitar 86% perusahaan menjalankan blog untuk menghasilkan konten. Saat ini, blog sebenarnya adalah salah satu jenis media utama yang diterapkan dalam strategi pemasaran konten. Alasan di balik ini sangat sederhana. Blog bisa sangat bermanfaat.

Menurut laporan terbaru, sekitar 57% pemasar mengklaim bahwa mereka telah memperoleh pelanggan baru melalui blogging. Selain itu, blogging sebagai alat pemasaran memiliki kemungkinan 13 kali lebih besar untuk mendapatkan ROI positif dibandingkan strategi pemasaran digital lainnya. Jadi, blogging adalah cara cerdas untuk menyampaikan konten berkualitas dan meningkatkan merek Anda.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 20% waktu populasi internet digunakan untuk membaca konten. Jadi, akan lebih baik untuk membumbui website Anda dengan konten khusus yang menangani kebutuhan konsumen yang haus akan konten. Ini mencakup memberi mereka informasi berharga dan menjawab beberapa pertanyaan khusus produk/layanan yang mungkin muncul.

Oleh karena itu, memiliki konten yang ditulis dengan baik, tepat sasaran, dan informatif di website Anda akan meningkatkan lalu lintas dan mendatangkan lebih banyak konsumen. Cobalah untuk menerbitkan setidaknya satu posting blog per-minggu sehingga Anda selalu memiliki konten segar untuk audiens Anda. Perhatikan juga bahwa mesin pencari memprioritaskan website yang sering diperbarui, sehingga blogging juga dapat membantu Anda meningkatkan posisi Anda di SERPs.

2. Optimasi Mesin Pencari

Setelah Anda berhasil membuat konten yang informatif dan menarik, Anda dapat memanfaatkan Google dan meningkatkan lalu lintas Anda serta menjangkau audiens yang ditargetkan. Jangan lupa, audiens yang ditargetkan adalah orang yang cenderung tertarik dan membeli produk atau layanan Anda.

Misalnya, jika Anda menawarkan layanan menjaga anak di Atlanta, Google dapat mengirimi Anda lalu lintas bertarget dari Atlanta alih-alih membawa pengunjung keluar dari zona layanan Anda. Hanya beberapa langkah sederhana dan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kekuatan yang tak tergantikan ini.

Pertama dan terpenting, Anda harus memilih kata kunci yang tepat. Kata kunci biasanya adalah frase kata kunci. Misalnya, dalam contoh khusus ini, “layanan penitipan bayi di Atlanta” akan menjadi kata kunci. Singkatnya, jika Anda ingin konsumen menemukan merek Anda, Anda harus membuat website yang berisi kata kunci yang relevan. Hanya dalam kasus ini mereka akan menemukan merek Anda dan berkata, "Akhirnya, saya berada di tempat yang tepat!"

Jadi, apakah Anda ingin mendapatkan lalu lintas bertarget dan membuat mesin pencari menyarankan merek Anda di halaman pertama? Maka Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan, alias bahasa yang digunakan orang saat mencari produk atau layanan serupa. Jadi, kata kunci disini memainkan peran penting dalam seni SEO. Dan tahukah Anda apa yang juga penting? Kata kunci Anda terkait langsung dengan konsep website Anda dan konten yang Anda sediakan untuk mereka.

Konten Berkualitas Tinggi

Dengan demikian memiliki konten berkualitas akan membantu Anda dalam SEO juga. Mesin pencari seperti Google atau Yahoo menggunakan algoritma yang mengidentifikasi kata kunci dan memilih konten mana yang masuk akal. Setelah itu, konten Anda mendapat peringkat sesuai dengan hasil pencarian kata kunci. Untuk alasan yang tepat ini, kualitas konten Anda memiliki efek yang sangat diperlukan.

Pengguna biasanya menemukan apa yang mereka cari di halaman pertama SERP. Banyak dari mereka bahkan tidak mau membuka halaman kedua atau akan melakukannya pada kesempatan yang sangat langka. Inilah mengapa semakin tinggi peringkat SEO Anda, semakin banyak lalu lintas online yang Anda dapatkan.

3. Pemasaran Email, PPC, dan Pemasaran Media Sosial

Saya pikir sungguh luar biasa betapa besar peran situs web Anda dalam pemasaran online Anda secara umum dan betapa harmonisnya situs web itu bekerja sama dengan sebagian besar strategi pemasaran online yang diterapkan. Kami telah membahas pentingnya situs web Anda dan hubungan yang saling menguntungkan antara situs web Anda dan pemasaran konten Anda. Yang terakhir adalah contoh bagus yang menyoroti dampak situs web Anda pada strategi pemasaran online Anda. Namun demikian, itu bukan satu-satunya yang pasti.

Pada catatan ini, saya ingin menggarisbawahi pentingnya situs web Anda dalam Pemasaran Email. Pemasaran Email pada dasarnya adalah praktik pengiriman pesan komersial kepada orang-orang melalui email.

Jika Anda menggunakan email marketing untuk mendapatkan pelanggan baru, maka Anda pasti membutuhkan tempat dimana mereka bisa mendapatkan informasi lebih detail tentang perusahaan Anda. Jadi, situs web Anda adalah platform sempurna yang dapat Anda gunakan untuk mengarahkan pengunjung saat mereka membutuhkan detail lebih lanjut. Berdasarkan data statistik, email marketing dapat menghasilkan sekitar $42 untuk setiap $1 yang dibelanjakan. Ini terjadi pada beberapa industri yang telah menerapkannya.

Selain itu, perlu dicatat bahwa pentingnya situs web Anda tidak hanya merujuk pada pemasaran email Anda. Sama pentingnya untuk Social Media Marketing (SMM), periklanan PPC, dan, seperti yang telah dibahas sebelumnya, Search Engine Optimization.

Singkatnya, situs web Anda adalah salah satu alat pemasaran digital utama Anda. Platform ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan teknik pemasaran online utama secara efisien. Apa pun strategi yang Anda gunakan memiliki website adalah perlu, karena dengan website merek Anda dapat dipromosikan dengan baik.

Maka dari itu, dengan yang dimilikinya website adalah investasi yang cerdas dan penting dalam strategi pemasaran online bisnis Anda. Jika bisnis Anda belum memiliki website, saatnya untuk mengambil langkah pertama yaitu membuat website. Namun jika Anda bukan seorang teknisi, Erista dapat membantu Anda mewujudkan impian website bisnis online Anda. Hubungi saja disini dan konsultasikan, dengan senang hati Erista akan merespon cepat.

Namun jika Anda sudah memiliki, pastikan untuk terus merawat dan mengembangkannya agar tetap relevan dan efektif dalam menghadapi tantangan masa depan. Sebuah website bukan hanya sekedar halaman online, tetapi fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan dan keberhasilan bisnis Anda di era digital. Atau butuh bantuan maintenance? Erista bisa menjadi mitra terbaik untuk perkembangan website bisnis Anda.

Bagaimana Jasa Pembuatan Website Mengoptimalkan Keberhasilan Bisnis Anda?

Pelaku bisnis wajib tau! Bisnis Anda akan berkembang cepat, dibantu dan dioptimalkan oleh jasa pembuatan website. Berikut penjelasannya:

Baca artikel

Pengembangan Bisnis yang Sukses melalui Website

Ini cara membuat bisnis sukses dengan meraih pelanggan tanpa batas. Apakah website dalangnya?

Baca artikel

Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Terbaik 2023 di Surabaya

layanan penyedia jasa pembuatan website terbaik yang dapat membantu bisnis Anda diakui pelanggan dan tumbuh lebih baik, sebagai berikut.

Baca artikel

Jasa Pembuatan Website Ecommerce Profesional di Surabaya

Ingin bisnis Anda tumbuh dan berkembang? Konsultasikan dengan Jasa pembuatan website e-commerce profesional. Bagaimana? Simak penjelasan berikut:

Baca artikel

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami sekarang juga.

Our office

  • Surabaya
    SoHo Skyloft Ciputra World #1208
    Jl. Mayjend Sungkono 89
    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60224