Apa itu Company Website? Tujuan, Kegunaan, serta Cara Pengelolaan

by Kingkin Nura, Writer

Erista Article Image

Pengertian, tujuan, kegunaan, serta cara pengelolaan company website - Pada perkembangan teknologi saat ini suatu bisnis tidak dapat diakui sukses jika belum merambah pada dunia digital.

Bahkan meski bisnis Anda 100% berorientasi offline, orang akan tetap mencari Anda di Google untuk mengetahui siapa Anda, apa latar belakang produk Anda, dan bagaimana cara menghubungi Anda dengan mudah.

Disini situs web Anda adalah aset digital perusahaan yang paling berharga. Anda harus memperlakukannya dengan perhatian selayaknya poin penjualan strategis lainnya. Mengapa? Mari kita mulai dengan mengetahui apa itu definisi company website?

Company website mewakili bisnis atau merek bisnis Anda. Ini digunakan untuk memberitahu publik tentang kehadiran online perusahaan dan aktivitas terkini serta meningkatkan pengakuan produk atau perusahaan tersebut. Company website membantu dalam promosi layanan dan akuisisi pelanggan.

Kemudian apa tujuan company website ada?

Tujuan Company Website

Di era media sosial saat ini, website menjadi rumah bagi bisnis berbasis online. Dan website perusahaan adalah tempat pertama yang dikunjungi klien potensial untuk mempelajari merek, produk, dan layanannya.

Mengapa Anda memerlukan website perusahaan meski Anda tidak ingin menjual produk secara online? Tujuan hadirnya website perusahaan adalah tidak hanya untuk menjual produk, tetapi untuk mempresentasikan perusahaan dan menunjukkan siapa orang-orang di baliknya. Baik secara langsung maupun tidak langsung, tentang siapa yang berkontribusi pada legitimasi bisnis tersebut.

Tujuan utama dari website perusahaan ini adalah untuk membangun reputasi, mendukung, dan mempromosikan seluruh perusahaan, merek, lembaga pendidikan, atau organisasi nirlaba dengan misi dan nilai-nilainya.

Untuk dapat memahami lebih luas, berikut jenis-jenis website yang dapat diketahui.

Jenis-jenis Website

1. E-commerce Website

Tujuan dari situs web e-commerce adalah untuk menjual produk atau layanan. Pengalaman memamerkan, yaitu dengan cara produk disajikan (penggunaan gambar berkualitas tinggi), proses pilih produk (pesan dengan memasukkan produk ke dalam keranjang), dan melakukan proses pembayaran ( pesanan yang telah disimpan di bayarkan melalui via yang telah disediakan).

Berbagai hal di stel dalam web e-commerce, baik berupa iming-iming hadiah, diskon dan berbagai hal lainnya. Tujuannya adalah untuk memikat pengunjung berbelanja. Begitulah kerja situs web e-commerce.

2. Branding Website

Branding website mencerminkan sebuah profil perusahaan, kepribadian perusahaan dan berisi informasi tentang produk atau layanannya. Tujuannya adalah untuk membiasakan pengunjung dengan bisnis,produk ,atau layanan, yang memberi mereka keyakinan bahwa perusahaan itu sah.

Fitur utama situs web ini adalah untuk menunjukkan eksistensi nilai perusahaan dan konten visual yang mudah diingat bagi pengunjung website.

3. Lead Generation Website

Website perusahaan yang memberi informasi lebih kepada pengunjung tentang identitas perusahaan dan menghangatkan pengunjung menjadi pelanggan potensial bagi suatu perusahaan.

Elemen penting penghasil lead dari setiap situs web adalah berandanya. Ini adalah wajah perusahaan dan peluang untuk menarik perhatian dan membimbing pengguna lebih jauh mengenal perusahan tersebut.

Tujuannya adalah untuk mengubah calon pelanggan dari pengunjung menjadi lead dan mempertahankan minat mereka untuk mengambil langkah selanjutnya dan melakukan pemesanan.

Ajakan bertindak, atau CTA (misalnya, "Daftar", "Coba gratis", "Bergabunglah dengan kami", dan sebagainya.), adalah salah satu elemen kunci dari halaman perolehan lead.

4. Support Website

Support website menyediakan informasi dan dukungan kepada pelanggan mengenai perangkat keras, perangkat lunak, atau layanan apa pun untuk memudahkan pelanggan akses produk perusahaan. Biasanya, ini digunakan oleh perusahaan teknologi besar untuk memungkinkan pelanggan meminta dukungan dan menyelesaikan masalah terkait produk secara online.

5. Non-profit Website

Ini bukan merupakan website untuk bisnis tetapi sebuah website yang mewakili organisasi nirlaba atau amal yang didanai melalui hibah dan sumbangan dari sukarelawan, donor, atau komunitas publik.

Fokus utamanya adalah untuk mempresentasikan hasil kerja organisasi dengan detail, cara bergabung dan menjadi anggota atau donatur. Elemen utamanya adalah tata letak yang mudah, galeri berkualitas tinggi, dan CTA yang jelas.

Setelah memahami apa saja jenis website dan bahkan mungkin dari kita ada yang memiliki rencana membuat company berbasis website. Atau mungkin sebagian dari kita sudah menerapkan dari beberapa jenis tersebut.

Lalu hal apalagi yang selanjutnya perlu diketahui yaitu bagaimana sebuah company website dapat tumbuh dan unggul, sebagai berikut:

Hal Apa yang Membuat Company Website Menjadi Unggul?

Lebih dari 80% pelanggan cenderung tidak kembali ke website setelah mengalami pengalaman buruk dengannya. Oleh sebab itu sangat penting untuk dapat fokus pada pengalaman pengunjung Anda dan mempertimbangkan seperti yang mereka lakukan.

Website Anda mungkin membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit halaman, sesuai kebutuhan. Tetapi yang perlu difahami jangan lupakan titik awal, seperti Beranda, halaman Layanan, halaman Tentang, dan halaman Kontak. Karena memiliki empat elemen ini memudahkan Anda untuk memulai dan menemukan solusi terbaik.

Berikut beberapa hal yang harus dimiliki untuk dapat menciptakan website berkualitas tinggi, diantaranya:

1. Pengalaman Pengguna yang Terlihat Bersih dan Profesional

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna company website, Anda harus memastikan navigasinya jelas dan konsisten di seluruh situs. Jangan mengacaukan halaman dan membuat pengunjung dapat menebak kemana tautan yang mereka klik akan membawa mereka. Buatlah semuanya bersih dan sederhana.

2. Konten yang Ditulis Baik dan Jelas

Konten relevan dan berkualitas sangat penting bagi sudut pandang Google dan pengunjung maupun pelanggan. Konten yang ditulis secara profesional dan mudah dibaca akan memiliki peringkat nilai tinggi dan mendapat respon baik dari pengunjung. Jadi menulislah selayaknya Anda terlibat baik dan menginformasikan daripada hanya untuk terlihat mengesankan.

3. Informasikan Lebih dari Sekedar Berjualan

Beri tahu pengunjung Anda tentang bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah mereka. Hal ini ibaratkan seperti Anda dapat mendapatkan penjualan tanpa benar-benar menjual apapun (memikat pengunjung).

4. Seluruh Informasi Tentang Perusahaan

Setelah Beranda atau Why Us, halaman Tentang adalah aset terpenting situs web resmi perusahaan Anda. Karena ini adalah hal paling sering dikunjungi pengunjung/ pelanggan Anda untuk bekerjasama atau membeli produk Anda. Rumus untuk halaman Tentang agar lebih menarik dan sederhana yaitu terdiri dari “judul, misi perusahaan, cerita, dan CTA”.

5. Tunjukkan Karyawan Terbaik Anda Dalam Website

Sorot mereka yang berada di balik merek produk Anda untuk menghadirkan karakter dan kepribadian pada bisnis Anda. Ini dapat dilakukan minimal dengan cara menyetel warna dengan hitam-putih atau penuh warna, dan terlihat menyenangkan.

6. Halaman Karir & Magang

Berikan halaman terpisah untuk karyawan baru. Jelaskan bisnis Anda dan prosedur perekrutan, dan ingatlah untuk selalu memperbaharui informasi.

7. Buat Daftar Kekayaan Intelektual & Merek Perusahaan

Mengidentifikasi sumber layanan dan produk yang disajikan kepada pengunjung atau pelanggan. Ini menunjukkan bahwa bisnis Anda terdaftar dan dilindungi secara hukum, serta meningkatkan kemungkinan memiliki jumlah klien setia yang lebih tinggi.

8. Feedback dari Customer

Sertakan hasil feedback dari customer yang pernah menggunakan jasa atau layanan produk Anda. Sumber informasi ini untuk adiens selanjutnya yang akan mengunjungi dan melihat profil perusahan Anda di website. Ini bertujuan memberikan wawasan kepada mereka dan dapat meningkatkan bisnis Anda.

9. Beri Dukungan Kepada Customer

Hal ini dapat dilakukan dalam bentuk obrolan atau dukungan email. Tujuannya untuk meningkatkan layanan pelanggan dan membantu membangun ikatan yang kuat antara perusahaan dan pelanggannya.

Bagaimana Mengelola, dan Memperbaharui Company Website?

Mengelola situs web perusahaan membutuhkan lebih banyak usaha daripada yang terlihat. Pekerjaan ini akan terus berlanjut setelah situs web diluncurkan. Untuk membuatnya lebih baik dan berkembang, website harus selalu diperbarui secara teratur. Dan fokus utamanya adalah pada konten dan desain situs web.

Tim harus memperbarui informasi dan mengkomunikasikan dengan relevan tentang aktivitas mereka. Sambil mematuhi peraturan yang terus berubah untuk penyalinan. Anda juga perlu mengembangkan sistem penerbitan konten yang berkualitas, untuk mempermudah proses dan menarik lebih banyak lalu lintas, mengubah pengunjung menjadi leads atau pelanggan aktual. Serta juga perlu melacak tren desain web terbaru untuk menghilangkan kekurangan dan meningkatkan kredibilitas.

Mempertahankan kehadiran online perusahaan Anda adalah persyaratan utama perusahaan dapat tumbuh dan berkembang baik, serta mewakili misinya, dan sarana untuk menarik pelanggan baru dan mendorong pertumbuhan pendapatan.

Untuk mencapai itu semua, kami Erista, jasa pembuatan website dapat membantu Anda. Kami terbuka untuk diskusi ide pembuatan, pengelolaan, maupun pengembangan website, software, serta aplikasi modern yang baik untuk masa depan. Kemampuan kami yaitu membuat website, maintenance, serta aplikasi untuk berbagai jenis bisnis maupun perusahaan dalam berbagai kalangan. Cukup hubungi kami, dan konsultasikan bisnis Anda bersama kami.

Dapatkan informasi lebih tentang kami dan klik disini!

Apa itu Website, Jenis-Jenis Website, dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

5 menit

Apa itu website, jenis-jenis website, serta bagaimana cara penggunaannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca artikel

Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Terbaik 2023 di Surabaya

layanan penyedia jasa pembuatan website terbaik yang dapat membantu bisnis Anda diakui pelanggan dan tumbuh lebih baik, sebagai berikut.

Baca artikel

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami sekarang juga.

Our office

  • Surabaya
    SoHo Skyloft Ciputra World #1208
    Jl. Mayjend Sungkono 89
    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60224