7 Tips Cara Memulai Bisnis Toko Online di Tahun 2023

by Kingkin Nura, Writer

Erista Article Image

Apakah Anda ingin memulai toko online sendiri? Kami tau membangun toko online bisa menjadi pemikiran yang menakutkan, apalagi jika Anda bukan seorang teknisi.

Namun tidak perlu khawatir, Anda tidak sendiri. Disini kami hadir untuk membantu Anda mencapai impian website atau aplikasi Anda. Kami memutuskan membuat sebuah layanan jasa pembuatan website, software, aplikasi, serta maintenance untuk membantu melancarkan kegiatan bisnis dan perusahaan Anda.

Untuk mencapai tahap tersebut,sebenarnya terdapat hal dasar yang perlu diketahui yaitu bagaimana step by step dalam memulai bisnis online.

Sebenarnya memulai bisnis online tidak serumit yang ada dalam pikiran kita. Bahkan terkadang pikiran tersebut sering was-was akan kapan saya dapat memulai? Jika saya memulai sekarang, tapi bagaimana caranya? Berbagai pertanyaan muncul.

Memang, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk memulai bisnis online daripada hari ini. Siapapun yang memiliki komputer dapat memulai dalam hitungan menit tanpa memperoleh keterampilan khusus apapun.

Bagaimana bisa?

Simak langkah serta solusi memulai bisnis online. Berikut 7 Tips langkah yang Anda perlu lakukan untuk memulai Toko online, diantaranya:

Miliki Platform E-commerce

Platform yang dapat membantu Anda memulai dan membangun pengalaman toko online, melakukan penjualan, hingga memenuhi pesanan customer.

Kebanyakan orang menganggap platform e-commerce seperti pembuat situs web, ya itu benar! Dimana yang perlu Anda lakukan yaitu mendaftarkan produk baru dan menerima pembayaran secara online. Tetapi mereka dapat melakukan lebih dari itu.

Platform e-commerce bertindak sebagai pusat kendali untuk seluruh bisnis Anda, mulai dari investasi hingga pemasaran, serta semua kebutuhan penjualan Anda secara online dan memberikan dukungan pelanggan.

Fitur utama yang perlu ada di platform e-commerce

  1. Kegunaan, pastikan perangkat lunak e-commerce mudah digunakan dan intuitif.
  2. Dukungan pelanggan yang dapat diakses, cari platform yang menawarkan dukungan sepenuhnya. Misal, dengan Erista, Anda bisa mendapatkan bantuan untuk meluncurkan situs web Anda hingga dukungan berkelanjutan.
  3. Checkout bebas gesekan, pastikan layanan pembayaran pada e-commerce Anda memiliki sistem pembayaran yang sederhana dan tidak ribet.
  4. Hosting web, pastikan hosting memiliki kapasitas yang baik. Sehingga Anda dapat menyimpan informasi dan konten dengan baik pula.

Setelah Anda memilih perangkat lunak e-commerce, Anda dapat pertimbangkan kebutuhan Anda saat ini dan di masa mendatang.

Tentukan Audiens Target

Audiens target adalah fokus utama pemasaran Anda. Saat memulai bisnis ini, mengetahui audiens ideal Anda sangatlah penting. Hal ini dapat membantu Anda menemukan pelanggan baru dengan lebih mudah dan sesuai hingga menghasilkan tingkat konvensi yang lebih tinggi dan lebih banyak penjualan.

Anda juga dapat menarget audience dengan berbagai ukuran dan atribut. Semua ini bergantung pada produk yang akan Anda jual. Namun, ada tiga kategori utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan audiens target, diantaranya seperti:

  • Demograsi, meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, serta pendapatan
  • Lokasi, melihat pasar berdasarkan geografis, sehingga Anda dapat melayani area tertentu dengan lebih baik.
  • Minat, melihat pasar melalui psikografis target, yang mencakup sikap, opini, kepribadian, dan gaya hidup audiens Anda.

Jika Anda sudah memiliki produk dan target audiens, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah tanyakan pada diri Anda, siapa yang membeli produk Anda? Apa mereka benar suka dengan itu? Berapa umur mereka? Kumpulkan informasi tersebut dan jadikan sebagai persona pembeli dan sertakan hal tersebut dalam rencana bisnis selanjutnya.

Namun jika Anda belum memiliki produk. Coba pikirkan tipe orang yang Anda kenal. Misal, mungkin teman Anda, dia menyukai tanaman atau hewan peliharaan dan pahami pemilik tumbuhan atau hewan peliharaan tersebut dan bandingkan dengan mereka-mereka yang juga memiliki hal itu.

Lihat usia mereka dan analisis berdasarkan psikografis mereka? Dengan ini, kemungkinan, Anda dapat terinspirasi tentang apa yang mereka suka dan tika suka, kebutuhan dan ketakutan mereka. Itu dapat menjadi target audiens Anda.

Untuk menjual secara online, Anda juga harus benar-benar mengetahui dan menghargai audiens Anda dalam hal yang berkaitan didalamnya.

Pilih Produk Anda

Salah satu tantangan terbesar pengusaha sebenarnya adalah menemukan produk yang menguntungkan untuk dijual. Bahkan biasanya muncul ide dengan produk agak rumit, tetapi jika Anda memiliki target audiens, hal apapun hampir mudah untuk dilakukan.

Adanya target audiens juga dapat memudahkan Anda terinspirasi dan memiliki banyak peluang untuk menemukan produk untuk dijual, baik Anda memproduksi, menjual kembali, atau dropshipping.

Disini Anda dapat menemukan produk yang menguntungkan untuk dijual dengan berbagai cara, diantaranya seperti:

  • Lakukan perbandingan antara penghobi yang antusias
  • Pergilah dengan hasrat pribadi Anda
  • Memanfaatkan tren lebih awal
  • Lihat apa yang sedang tren di pasar online

Mulai & Uji Coba

Memilih produk dan research pasar tidak cukup untuk bisa memiliki bisnis toko online. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah berani memulai dan uji coba.

Bagaimana caranya?

Terdapat dua pilihan: Pertama, jika Anda seorang teknisi Anda dapat memulai dengan membuat website untuk bisnis online Anda. Kedua, jika Anda bukan seorang teknisi, disini Erista hadir membantu Anda mewujudkan mimpi bisnis online Anda. Yang perlu dilakukan, cukup buka website Erista, disana Anda dapat menghubungi erista dan free konsultasi mengenai tujuan yang berkaitan dengan bisnis online Anda.

Dengan senang hati Erista membantu Anda, menjelaskan kepada Anda tentang hal-hal apa saja yang Anda tanyakan tentang pembuatan website toko online, dan memastikan bahwa bisnis yang kamu inginkan akan terealisasikan dengan baik.

Sebelum memulai dan uji coba, terdapat beberapa hal yang setidaknya Anda harus miliki, berikut diantaranya:

  • Ide bisnis, pastikan ide bisnismu sudah ada. Misal seperti, Anda ingin membuat bisnis “ saus pedas terpanas” dan nama tokonya adalah Kinda Hot Sauce yang menjual saus pedas ringan yang enak untuk semi-petualang.
  • Sebuah nama bisnis di website, untuk menggunakan nama bisnis di website penting memilih domain yang sesuai dengan tujuan dan target pasar Anda. Misal jika produk Anda hanya untuk lingkup lokal maka Anda dapat menggunakan “id” domain dibelakang nama website Anda. Namun jika target pasar Anda international, dapat menggunakan domain “com”, misal KindaHotSauce.com
  • Logo, siapkan logo yang yang sederhana, mudah diingat, relevan, serta flexibel.
  • Foto, siapkan fotografi produk yang bersih dan baik.

Hubungkan Gateway Pembayaran

Langkah selanjutnya adalah menyetel pembayaran toko bisnis online Anda dan bagaimana Anda, sebagai pemilik toko, akan dibayar.

Jika Anda seorang teknisi mungkin step ini merupakan langkah yang mudah untuk dikelola. Namun jika Anda bekerjasama dengan perusahaan teknisi penyedia jasa pembuatan website, langkah ini akan dikerjakan oleh seorang teknisi, dan kamu hanya perlu terima jadi.

Segala proses, mulai dari pembelian domain, hosting, responsive design, konten SEO friendly, dan sebagainya di kerjakan oleh rekan teknisi Anda.

Pada tahap selanjutnya Anda akan diarahkah dan dipandu bagaimana menggunakan website tersebut hingga Anda dapat menjalankan dengan baik.

Pilih Struktur Bisnis

Setelah Anda menemukan produk, research market, serta pembuatan website. Langkah selanjutnya adalah menjadikan bisnis baru Anda legal dengan sistem hukum yang berbadan hukum.

Hal ini bertujuan agar dapat diakui oleh pemerintah serta juga aset bisnis pribadi Anda dapat terlindungi oleh berbadan hukum.

Berikut struktur bisnis umum untuk pemilik bisnis baru yang perlu kita ketahui, diantaranya:

  • Kepemilikan tunggal, bentuk kepemilikan bisnis atau perusahaan yang secara mutlak dimiliki dan dikendalikan secara keseluruhan hanya oleh satu orang.
  • Kemitraan, Bisnis tunggal dengan dua atau lebih pemilik. Setiap pemilik berkontribusi pada bisnis melalui pendanaan, tenaga kerja, properti, serta keterampilan. Mitra berbagi tanggung jawab dan keuntungan.
  • Perseroan terbatas (LLC), bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang yang bertanggung jawab pada perusahaan dan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan.

Pasarkan Toko Anda

Jika Anda sudah berhasil melakukan 6 langkah diatas, dan Anda adalah seorang teknisi, maka toko online Anda siap untuk dipasarkan! Pada proses ini yang perlu Anda lakukan adalah kerja keras, dan positive thinking akan sebuah kesuksesan akan bisnis tersebut.

Namun apabila Anda membuat toko online dengan menggunakan jasa pembuatan website. Anda tidak perlu khawatir pada tahap ini, karena penyedia jasa akan membantu Anda dan mengajarkan bagaimana cara merilis sebuah website dengan baik dan benar.

Jangan ragu memulai bisnis toko online, karena ada Erista yang dapat membantu Anda mencapai aplikasi toko online Anda. Mari mulai, sekarang!

Mengenal Apa itu Toko Online? Contoh serta Cara Membangunnya

Apakah Anda tertarik dengan bisnis toko online? Berikut penjelasan, bagaimana membangun toko online, dan solusinya.

Baca artikel

Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Terbaik 2023 di Surabaya

layanan penyedia jasa pembuatan website terbaik yang dapat membantu bisnis Anda diakui pelanggan dan tumbuh lebih baik, sebagai berikut.

Baca artikel

Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami sekarang juga.

Our office

  • Surabaya
    SoHo Skyloft Ciputra World #1208
    Jl. Mayjend Sungkono 89
    Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60224